Kamis, 11 April 2013

Wisata Kuliner Lezat di Sekitar Kementrian Luar Negeri



Nah lads, kali ini sebelum aku pulang, aku ingin membagi sedikit tips yang mungkin bermanfaat jika kalian datang ke Kementrian Luar Negeri. Sedang berada di Kementrian Luar Negeri? Merasa lapar? Jangan buru-buru kalian masuk kantin Kemlu yang berada di ujung belakang instansi ini. Ssstt, kantin disana masakannya ga enak lads, mahal-mahal lagi, cuma bagus kantinnya doank. Tapi ada sih beberapa yang memang enak di kantin itu, contohnya kaya bakmi goreng, nasi goreng, ayam penyet. Dah itu doank yang menurutku enak. lainnya ga ada yang pas di lidah. 

Kalau kalian penyuka yang seger-seger, ada es cendol spesial di Kantin kemenag, letaknya di depan Kemlu, keluar dari pintu kedua trus nyebrang jalan, sampe deh.. Es cendolnya asli mantabbbhh. Perpaduan es cendol, duren, tape, dan alpukat pake gula jawa yang endaaaannngggg bangettttzz.. Es cendol ini dijual dengan harga Rp 6000,- aja seporsi. Selain es cendol, beberapa makanan yang patut dicoba di kantin ini adalah ketupat padang, bakso kemenag, mie ayam kemenag, rujak, siomay dan ayam penyetnya. Selain itu aku ga rekomen lho... 

Kantin kedua, yang patut kita sambangi juga adalah kantin Pertamina, letaknya pas di depan Kemlu, tinggal keluar dari pintu ketiga, nyebrang jalan sampe deh. Disini kantinnya rada elit, tempatnya asik, sejuk, makanannya bervariasi, dengan harga kaki lima. Disini hampir semua makanan enak, maklum kantin elit, tapi yang paling andalan buatku antara lain : Ayam bumbu madu, Ayam penye dan rujak cingur nya, nendang abis deh.. 

Kantin ketiga adalah, kantin RSPAD Gatot Subroto (RS Gatsu), disini kantinnya sederhana banget, cuman patut dicoba juga karena harganya yang tergolong lebih murah dari ketiga kantin di kementrian, makanannya kebanyakan tipe makanan rumahan, kalau aku kesini paling suka sama buburnya, hm...yummiii. 

Nah, kalau udah jalan sampe ke kantin RS Gatsu, jangan lupa beli rujak di depan rumah duka RS Gatsu, ada beberapa tukang rujak disitu, pilih yang ada di sebelah loket masuk rumah duka ya. Rujak disitu selalu fresh, porsinya gede, rasa sambelnya bener-bener manteb, dan variasi buahnya banyak. Tapi sayangnya, biasanya kita harus antri jika ingin menikmati seporsi rujak ini. Seporsi rujak rumah duka rs gatsu ini harganya Rp 8000,-. Cukup murah untuk ukuran Jakarta. 

Kantin yang keempat, bukan kantin sih, cuma pedagang kaki lima. Berada di pejambon, arah kiri dari Kemlu sebelum Gambir, cukup jalan kaki keluar dari pintu tiga dan langsung aja ke kiri. Disini banyak penjual makanan kaki lima yang antri menjajakkan dagangannya. Karena aku penggemar soto, ada soto yang emang enak banget disini, Soto surabaya namanya, tendanya warna biru di ujung jalan sebelum belok arah gambir. Porsinya lumayan besar, bumbunya mak nyus dan sambelnya juga sip deh. satu porsi dijual Rp 9000,-. Tapi kalau jam makan siang, emnding bungkus aja deh, soalnya yang beli bejibun, kursinya cuma empat.hahaha bisa dibayangin sendiri kan? 

Selain soto, di pejambon yang enak apa lagi yah? Oh iya, bakso nya, porsinya gede, rasanya mantab dan harganya cuman Rp 8000,-. Ga kalah sama bakso kemenag, apalagi sama bakso kemlu, bakso kemlu kalau jauh dahhh... 

OK, mungkin itu aja sekedar referensi buat para pembaca yang sedang kelaparan di Kemlu dan mungkin tidak sengaja membuka blog kecil ini. Btw kalau mau yang lebih lengkap ya datanglah ke Pecenongan, wisata kuliner pecenongan tepatnya. Dari Shelter Deplu tinggal naik Busway ke Pecenongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar