Selasa, 17 September 2013

Mengatasi Ketergantungan Krim Dokter Pada Wajah


By : Ayupria

Memiliki kulit wajah yang putih, bersih tanpa noda sedikit pun adalah impian semua wanita. Itu normal, selama cara-cara yang digunakan untuk mendapatkannya adalah cara-cara yang aman. Sebagian dari kaum hawa ada yang memilih untuk merawatnya secara alami jika mereka tidak memiliki masalah yang serius terhadap kulit wajah mereka. Namun, tidak sedikit yang menyerahkan perawatan wajah mereka ke klinik kecantikan yang berefek pada menjamurnya klinik kecantikan saat ini. Tarif yang ditawarkan mulai dari biasa hingga puluhan juta, tergantung perawatan apa yang dipilih. Meskipun ada juga yang memilih cara instant dengan menggunakan kosmetik berbahan dasar yang berbahaya, tetapi disini saya tidak akan membahasnya lebih lanjut.

Guys, saat kita masih rajin melakukan perawatan tentu kulit wajah yang cantik akan kita dapatkan. Namun sayangnya, setelah pemakaian yang cukup lama, katakanlah tiga tahun, kulit wajah akan menjadi kebal dengan obat tersebut sehingga krim yang biasa diberikan justru tidak memberi efek apapun. Itulah tandanya kulit kita sudah dalam taraf "ketagihan". Akhirnya dosis yang lebih tinggi pun diberikan. Semakin tinggi dosis, maka akan semakin tergeruslah kulit luar dari wajah kita, atau sering disebut pengelupasan. Jika kulit luar terkelupas, otomatis tidak ada lagi pelindung alami kulit bagian dalam dan menyebabkannya menjadi lebih gampang iritasi. Salah satu contoh kulit yang telah teriritasi adalah perih saat bersentuhan dengan bahan yang kasar, seperti handuk misalnya, serta menjadi kemerahan jika terkena sinar matahari.

Saya sendiri adalah salah satu pengguna jasa perawatan dokter kulit di salah satu klinik kecantikan terbaik di kota saya, Yogyakarta. Namun, pada akhirnya saya memutuskan untuk berhenti menggunakannya karena beberapa hal, pertama adalah masalah biaya mengingat untuk sekali perawatan saja sudah merogoh kocek yang lumayan dalam, belum lagi ditambah berbagai macam krim, serum, facial wash serta toner. Kedua adalah masalah waktu, untuk mendapatkan sebuah perawatan yang kita inginkan, kita harus sabar antri. Dan ketiga adalah karena saya sudah berniat dalam hati untuk melakukan perawatan yang biasa saja.

Pada awalnya memang sulit, bahkan terjadi reaksi di luar dugaan saya, kulit wajah saya jadi bentol berbintik bintik, kasar jika diraba, terutama di sekitar mulut dan di pipi atas dekat dengan mata. Lama kelamaan jerawat besar-besar, jauh lebih besar dari jerawat saya sebelum ke klinik ini. Akhirnya saya pun menyerah, saya kembali ke klinik tersebut.

Nah, kali ini saya benar-benar berniat untuk berhenti menimbang konsekuensinya terhadap kulit wajah saya yang semakin tipis. Sama dengan sebelumnya, kulit wajah saya mulai berbintik bintik kemerahan dan terasa perih serta gatal. Namun, belajar dari pengalaman sebelumnya, saya tidak menggunakan kosmetik apapun. Saya biarkan kulit wajah saya beradaptasi, anggap saja ini adalah masa transisi dari kosmetik dokter ke kosmetik berikutnya. Saat-saat itu saya jalani selama seminggu, tanpa menggunakan make up apapun. Hanya menggunakan pelembab dan lidah buaya, serta sering-sering menggunakan masker. Dan ternyata berhasil, bintik-bintik dan jerawat yang tadinya nongol menjadi kering dan berguguran sendiri. Setelah saya cek dari beberapa sumber, ternyata obat dari dokter spesialis kulit itu berefek menipiskan bahkan menghilangkan lapisan luar kulit, jadi ketika kita berhenti kulit wajah jadi tidak terlindungi lagi, padahal sudah terlanjur tidak ada pelindungnya. Kulit baru butuh waktu untuk tumbuh kembali selama beberapa waktu. Jika dalam waktu menunggu kulit baru itu tumbuh kita menggunakan kosmetik lain, make up atau pelembab yang berat maka justru akan memperparah iritasi dan menjadikan wajah berjerawat berukuran besar seperti pengalaman saya pertama kali.

Beberapa hal yang harus dilakukan supaya bisa benar-benar berhenti total dari klinik kecantikan akan saya sebutkan dibawah ini, murni dari pengalaman saya sendiri yah. Jadi insyaallah aman, karena sudah teruji ke saya sendiri, hehehe ...


1 . Pada hari pertama setelah diniatkan untuk berhenti, cobalah untuk berganti secara perlahan. Pertama krim pagi yang biasanya kita gunakan, ganti dengan pelembab yang ringan serta ada tulisannya "Non Comedogenik" atau "Tidak menyumbat pori", dan pelembab yang ada tulisannya itu baru saya temukan hanya di Nivea dan Clean n Clear. Ini hanya krim pagi, untuk krim malam, tetap gunakan krim malam dari resep dokter di klinik. Lakukan ini selama seminggu atau minimal hingga tidka terjadi reaksi lagi di kulit. (untuk saya pribadi, hal ini berlangsung selama seminggu)

2 .  Pada minggu selanjutnya, cobalah untuk berhenti menggunakan krim malam. Jangan kaget jika terjadi iritasi yang cukup parah. Kulit wajah akan terasa panas dan terbakar, kemudian muncul sensasi perih hingga timbulah bintik-bintik kemerahan diikuti jerawat. Saran saya, tetap stay cool..
Jangan gunakan kosmetik apapun dalam masa-masa ini, apalagi kosmetik yang berat. Cukup gunakan pelembab ringan seperti Nivea, Clean n Clear atau pelembab biasa dari Mustika Ratu dan Sari Ayu.

3 . Jangan mencuci muka dengan facial wash, jika ingin membersihkan muka, gunakan milk cleanser dan toner yang bebas alkohol misalnya yang Milk Cleanser dan Toner nya viva. Itu ringan banget, dan ga ngaruh dicampur sama kosmetik apa aja, murni cuma membersihkan.

4 . Jika memungkinkan, ketika cuaca panas, atau setelah terpapar matahari, debu atau polusi, segera bersihkan wajah kemudian oleskan getah dari lidah buaya. Bagi yang pertama melakukannya, akan timbul sensasi gatal, tapi jangan digaruk. Ada juga yang tidak tahan dengan bau lidah buaya itu sendiri. Diamkan hingga kering kemudian cuci. Lidah buaya sangat efektif untuk menyembuhkan iritasi.

5 . Untuk kulit yang berbintik-bintik, gunakan sand paper atau peeling untuk menggosoknya. Namun untuk jerawat yang besar, gunakan sendok ulna untuk mengeluarkan mata jerawat. Caranya, bersihkan wajah dengan milk cleanser dan toner, kemudian gosokan sand paper atau peeling ke daerah yang berjerawat kecil-kecil. Untuk jerawat yang berukuran besar, keluarkan mata jerawat dengan sendok ulna hingga darah kotor dari jerawat benar-benar berhenti. Segera oleskan rivanol untuk mencegah infeksi. diamkan beberapa saat. Uapkan wajah dengan air hangat atau bisa juga kalau kalian sedang memasak nasi, uapkan diatasnya. Kandungan vit. B dari beras sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. setelah pori-pori terbuka, oleskan masker. Pilih masker untuk wajah berjerawat. Tapi ingat, jangan gunakan masker liquid, karena kandungan di dalamnya lebih kompleks dari masker racik. Saya pribadi menggunakan masker indah warni dari mustika ratu. Lakukan perawatan ini 2 hari sekali. Jika jerawat sudah berkurang bisa dilakukan 3 hari sekali.
Oya, setelah masker dicuci bersih, oleskan es batu di wajah kita ya. Dan..tidur deh.

6 . Pagi hari nya, seperti biasa oleskan pelembab yang ringan ke wajah. Lakukan ini selama beberapa kali hingga jerawat mengering dan rontok dengan sendirinya (jangan dipegang-pegang ya, karena tangan yang kotor akan membuatnya semakin parah)

7 . Nah, langkah terakhir, setelah jerawat berkurang dan kulit wajah sudah tumbuh lagi, gunakan krim malam yang ringan dulu sebelum menggunakan krim malam pilihan kalian. Saya menggunakan krim bengkuang dari Mustika Ratu juga.

8 . Nah jika kulit wajah sudah kembali normal, silahkan pakai kosmetik pilihan kalian masing-masing seperti biasa.

Selamat mencoba

regards

Ayupria


176 komentar:

  1. Hai....salam kenal....
    aku suka tips dr kamu...aku juga ketergantungan parah bgt...muka merah jgankan kena sinar matahari...hanya jongging 5 menit aja muka langsung memerah...parahnya lagi kulitku sedikit coklat...kebayangkan seremnyaa...hehehehe...
    Boleh tanya kan...?? Maksimal waktu yg diperlukan untuk menormalkan wajah brapa lama...??? Trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Haii salam kenal.. aku baca blog kamu dan emang lg nyari tahap tahap buat berhenti dari ketergantungan cream dokter..kalau boleh nanya untuk sabun cuci muka yg dalam proses pemberhentian ini pakai apa ya?karena sampai saat ini aku masih nyari refrensi dan skrg ga cuci muka cuman pakai milk cleanser dan toner dari viva.. thankyouu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Salam kenal mbak,.
      Sy pengen menghentikan ketergantungan krim, tp pas ganti langsung keluar plek hitam yg banyak..
      Pdhl dulu plek nya dikit terus pke krim alhAlhamdulil hilang, karna udah hilang jd sy mau ganti lg k pelembab biasa eh malah timbul lg plek nya malah makin banyak.. gimana cara nya y supaya plek hilang dan tanpa harus ketergantungan krim.

      Hapus
  3. Salam kenal juga Yanti, :-)
    Terimakasih ya sudah mau mampir di blog ku,
    Waktu yang diperlukan untuk mengembalikan kulit wajah seperti sedia kala biasanya bervariasi, tergantung kondisi kulit wajah, sudah sangat parah atau hanya sebatas ketergantungan biasa, juga tergantung kecepatan regenerasi kulitmu. Jika kulit wajah telah terkikis parah, jelas butuh waktu yang lama atau mungkin bahkan permanen, contohnya bisa dilihat pada krim2 dokter merk china yang tidak jelas, ciri2nya wajah putih pucat bahkan seperti pembuluh darah merah2 terlihat. Namun jika hanya terkikis kulit arinya, dia bisa tumbuh kembali tergantung regenerasi sel kulitmu, coba imbangi dengan minum vit. C dan E. Vit E untuk membantu regenerasi sel, vit.C untuk mencegah terjadinya infeksi. Tapi berdasarkan pengalaman saya dan sahabat2 saya, mereka hanya butuh waktu sekitar dua bulanan untuk mengembalikan kulit wajah seperti sedia kala.
    Semoga bermanfaat ya.
    Salam :-)

    BalasHapus
  4. Salam kenal juga Iva, Terimakasih ya sudah mampir ke blog ku :-)
    Sabun cuci muka bisa diganti dengan sabun bayi yang cair, pilih yang ada kandungan susunya karena itu lebih lembut, hindari memakai facial foam, apalagi facial foam yang mengandung scrub, karena nanti kulit akan menjadi kering dan kehilangan minyak alami wajah, yang ada justru kulit akan semakin memproduksi minyak dalam jumlah yang lebih banyak untuk menetralisir kekeringan di wajahmu, minyak yang berlebihan bercampur dengan debu akan menyumbat pori2 wajah dan malah memperparah wajahmu.
    Selain menggunakan sabun bayi, bisa juga dengan mengoleskan minyak zaitun beberapa saat sebelum kamu mandi dan mencuci wajahmu.
    Semoga bermanfaat ya
    Salam :-)

    BalasHapus
  5. mbak ayupria jogja nya dimana ya?
    sy cowok jg dari Jogja ketergantungan parah sama obat2 nat*sh*
    berhenti 2hari dari krim malam langsung bintik2 merah kasar
    apa bisa resep mbak ayupria tsb di aplikasikan ke cowok?
    soalny aku emg pengen bisa berhenti ketergantungan
    sekarang sy malah ke dokter spesialis kulit & dikasih obat minum sama Gel buat di pake malem.
    Apa ada efek samping lagi kalo ke spesialis kulit? sy baru 2hr perawatan di dokter kulit karna pikir sy utk melepas ketergantungan obat nat*sh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Halo mba ayu saya puji
    kebetulan sekali saya ingin berhenti dari cream dokter... saya kecanduan nih pakai cream dokter dri tahun 2004 ampe skrg
    karna mmg kulitQ sudah tipis banget aku ingin berhenti... mmg kata dokter aku disuruh pakai cream malam 2 hari sekali or kalau bisa 3 hari sekali... tapi jika tidak pakai cream pagi harinya timbul bintik2merah dibawah hidung... sama dekat mulut banyak merahnya sama dekat mata bawah sama dekat alis merah2nya ini kalau dipegang sakit kecil2 kayak ada airnya gitu.... aku sih baca poin ke5nya hampir mirip kayak aku.... kalu berhenti pakai cream malam... cuma aku kasih inerson yg dri doker ilang sih tapi nnti datang lagi berarti sama kayak cream dokter dong kan ya... nah cara menghilangkan secara permanent gimana ya... nah yang point ini "gunakan sand paper atau peeling untuk menggosoknya" sand paper or peeling ini beli dimana di apotik or dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak sand paper itu apa ya??
      Saya gatau.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. Malam mbak..
    Ak juga pengen banget ni mbak berhenti pake dokter.
    Uda 2mingguan.
    Wajah ku merah bintik" kaya mbak puji lestari.
    Trus enak nya gmn ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  8. Salam semuanya, terimakasih ya sudah mampir ke blog saya,
    Pertama untuk yang masalah Mas Nouval, saya sarankan sih jangan langsung pindah pindah dokter, karena resep satu dokter dengan dokter lainnya pastilah berbeda, malah nanti bahan kimianya campur jadi tidak karuan di wajah. Kalau kulitnya sudah tipis banget jangan gunakan peeling di seluruh wajah, cukup di daerah yang timbul bintik aja, setelah di scrub pake peeling buru2 dikompres pake rivanol beli di apotik paling cuma 2rb untuk menghindari infeksi, nah kalo sudah kering rivanolnya, jangan pake kosmetik dulu biarkan wajah tanpa paparan kimia, kalau terpaksa keluar terkena sinar matahari pakai tabir surya yang ringan saja.
    O ya, biasanya kulit wajah yang sudah tipis cenderung kering, coba maskeran pakai minyak zaitun yang evoo(extra virgin olive oil), merknya macam2 di supermarket tinggal pilih saja mau yang mana. Cara penggunaan minyak zaitunnya kalau ada waktu senggang oleskan minyak extra virgin olive oil ke seluruh wajah, diamkan sekitar 10-15 menit, lalu lap dengan air hangat sambil dipijat. Selain itu coba deh teknik OCM(Oil Cleansing Method), caranya usapkan tiga tetes sampai lima tetes minyak zaitun ke telapak tangan lalu oleskan ke wajah sambil dipijat, gosok telapak tangan sampai hangat, tempelkan dan pijatkan di area wajah yang menurut mas itu sensitif, lakukan berulang-ulang lalu bilas dengan air hangat, keringkan, segera usapkan es batu dan siap beranjak tidur.
    Untuk pemulihan dari dalam, minum air putih yang banyak untuk melarutkan bahan kimia di tubuh, konsumsi minyak zaitun dan madu satu sendok sebelum dan setelah bangun tidur untuk menjaga kelembaban dan regenerasi kulit, kalau sudah sembuh, untuk menghilangkan bekasnya bisa pake getah lidah buaya, tapi ya tidak secepat krim dokter tentunya ya mas

    BalasHapus
  9. Terimakasih mbak puji dan mbak ziezah udah mampir ke blog saya, pertama coba dulu tips yang diatas itu, rada ribet sih memang, Sand paper itu bentuknya seperti kertas amplas tapi untuk wajah, bisa dibeli di apotik atau toko peralatan kosmetik, kalau di jogja ada toko kosmetik yang dibawah jembatan lempuyangan apa ya kalau ga salah, ada juga di toko di deket batik nazar malioboro saya juga ga tau namanya, hehehe..
    kalau peeling itu scrub dalam bentuk cream, bisa dibeli di toko kosmetik, dan mereknya banyak ada sariayu, mustika ratu, inez, wardah dll, tinggal pilih. Tapi saran saya mbak, penggunaan sand paper dan peeling ini cuma untuk bentol-bentol merah kecil yang kalau diraba kasar di tangan, bukan untuk jerawat yang besar-besar. gosokkan perlahan aja sampai rada mengelupas, lalu bisa langsung dimasker atau dikompres pake rivanol biar tidak infeksi.
    Kalau jerawatnya besar-besar, ada tips lagi yang mungkin berguna dari saya, coba mbak beli sendok ulna (ulna spoon), rendam dulu dalam alkohol sebelum dipake, uapkan wajah, bisa pake air hangat atau saat nasi mendidih(kaya vit.B) lalu pencet jerawat dengan sendok ulna sampai keluar matanya, terus pencet sampai keluar darah kotor hingga habis, tempelkan rivanol untuk mencegah infeksi, diamkan hingga kering dan jangan disentuh dengan tangan kotor ya mbak, nanti kalau sudah keluar matanya dan darah kotornya, insyaallah kering dan jatuh sendiri kulit matinya.
    Dan kalau untuk wajah berminyak sekali, saya tidak merekomendasikan maskeran dengan minyak zaitun seperti mas nouval, cukup oleskan masker, dan lidah buaya aja.

    Semoga membantu ya, salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai MBA kenalkan nama saya Emi saya juga ketergantungan craem dokter nih... saya mau berhenti Tpi di muka saya di udh bintik2 merah2😭 Gmn MBA cara mengatasinya? Sumpah saya panik banget nih

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Salam Kenal
    Sy Karina ibu Dari 2 orang anak... Dari awal menikah sudah ada flek.. Sampai tiba2 muncul komentar Dr suami kl bintik2 jd nambah..
    Wahhh kàget...,krn suami g biasa2nya ngomong begitu...
    Akhirnya, karena tergoda saran Dari seorang saudara Dan kebetulan ada penawaran Dari suami ditambah pengetahuan ten tang dunia kosmetik yg minimmmm banget..akhirnya tergoda deh dengan n*t*sh*..
    Alhasil br 3 hr pake Krim anti iriasi, sabun Dan toner muka khususnya daerah pipi udah me rah aja nihh.. Pdahal kmrn ga pake àcra facial2 an.. Dan sdh kluar biaya besar (bagi sy yang emang jarang ke salon) ^_^
    Boleh kasih sarannyà Mba? Apa yg harus dilakukan, lanjut aja sample Krim habis....Baru ganti.. Ato gimana nih?
    I
    #ibu2galau kosmetik... *-*

    Mem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  12. Salam kenal juga Mbak Karina, biasanya pada awal-awal perawatan memang seperti itu mbak, biasanya kalau baru pertama konsultasi dan baru pertama pemakaian dokter akan bilang "nanti pakainya tipis-tipis aja ya.", nah biasanya pasien-pasien nya ada yang tidak nurut, hehehe...pakainya rada tebel biar cepet cling wajahnya, nah justru itu yang mengiritasi, wajah jadi seperti terbakar. kalau pakenya tipis seperlunya biasanya efek nya tidak terlalu parah. Ada lagi saya punya pengalaman temen saya pakai krim ga jelas yang diiklanin online katanya, merah-merah itu wajahnya, kata si penjual itu ga papa karena membuang sel kulit mati, untung saja temen saya langsung ke dokter (dokter biasa di rumah sakit, bukan dokter di klinik kecantikan), dan dokter mengatakan kalau wajahnya mengalami pengelupasan parah karena kemungkinan kosmetiknya mengandung bahan yang tidak aman.
    Nah untuk kasus mbak, insyaallah krimnya aman, apalagi ada kliniknya yang bisa dipertanggungjawabkan.
    Keputusannya ada di tangan mbak sendiri, akan berhenti atau dilanjutkan, kalau dilanjutkan saran saya ya gunakan krimnya seperlunya saja, tipis2 dan biasanya hasilnya bagus jika rajin melakukan perawatan. tapi konsekuensinya jika mbak berhenti nanti di tengah jalan, efeknya ya seperti kebanyakan orang yang berhenti pemakaian krim dokter. Atau pilihan kedua mumpung belum terlanjur silahkan berhenti dan pakai kosmetik biasa, tapi konsekuensinya juga ada, wajahnya ya biasa-biasa aja, kalaupun putih ya tidak sampai mengkilap kaya syahrini tentunya ya mbak, hehe
    Kesimpulannya, jika mbak ingin cantik instant dalam waktu cepat ya gunakan klinik kecantikan, resikonya nanti kalau berhenti wajah akan kembali kusam dengan berbagai efeknya. Jika mbak ingin sehat, gunakan kosmetik biasa saja, tapi cantiknya juga tidak bisa instant, perlu waktu dan ketelatenan tentunya.
    Ok semoga membantu, be wise :-)

    BalasHapus
  13. mba modelnya ulna spoon itu gimana ya.... ada gambarnya tidak ya?

    BalasHapus
  14. coba googling mbak, sendok ulna atau kadnag disebut sendok una, biasanya kalau di toko kosmetik gitu mereka langsung tau ketika ada yang bilang sendok ulna atau alat pemencet jerawat, bentuknya kecil panjang terbuat dari stainless atau besi, ujungnya bulat berlubang untuk memencet jerawat

    BalasHapus
  15. paghr mbk ...salam kenal saya fafa dari semarang ...sya memakai cream dr dokter kurang lebih 3 bln ..saya mau hentikan mbk..setelah 3 hari saya free.dari cream dokter.saya lanjut khan ke produk awal.pemakaian saya yaitu ponds mbk ..tpi setelah dua hari pakai kulit muka saya malah menghitam ..gmn mbj cara nya agar kembali pulih seperti asalnya ...makasih mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  16. Dear mbak fafa, coba baca dulu secara menyeluruh artikel saya diatas, semoga membantu ya ;-)

    BalasHapus
  17. Kalau pelembab viva mbk ..bisa gak ?

    BalasHapus
  18. Dear mbak fafa :-)
    Sebelum ganti ke kosmetik lain saya sarankan pulihkan dulu kondisi kulit mbak dengan bahan2 alami saja. Kalau untuk perlindungan dari sinar matahari, pilih pelembab yang ringan saja, dan usahakan cari yang ada keterangan non comedogenic atau tidak menyumbat pori supaya tidak tambah merusak wajah mbak. Semoga membantu ya

    BalasHapus
  19. salam kenal mbak :)
    saya juga ingin melepaskan diri dari produk klinik dokter.
    tapi, setiap harinya saya kerja di ruangan ber ac, jadi sebaiknya saya pakai pelembab apa ya?
    dan kalau misal mau lepas langsung, langsung tidak memakai semua produknya apa bisa mbak?
    trims

    BalasHapus
  20. Dear Mbak Eli, Salam kenal juga, terimakasih sudah mampir ya mbak
    Biasanya kalau secara langsung lepas justru akan timbul masalah baru mbak, sebaiknya lepaskan satu demi satu, pertama ganti pembersih atau tonernya dulu, lalu krim pagi baru kalau sudah tidak ada efek samping, krim malam dilepaskan pelan2..
    Untuk krim malamnya, coba pakai teknik ocm bisa pakai minyak zaitun yang evoo, castor oil atau minyak esensial teh yang dijual dipasaran, pelembab untuk di ruangan ber ac bisa apa saja mbak yang penting tidak menyumbat pori, biasanya di kemasan akan ditulis non comedogenic atau tidak menyumbat pori, baru nanti kalau sudah kembali ke semula bisa pakai kosmetik apa saja pilihan mbak, semoga bermanfaat ya mbak

    BalasHapus
  21. Mbak Ayu thn 2010 saya memakai cream dari In*s*a krn ada jerawat kecil, setelah pakai cream tsb jerawat hilang, kadang muncul jadi saya pakai cream siang saja. Thn 2013 jerawat kembali muncul agak banyak di pipi tapi kecil2 kt dokter in*s*a itu komedo, kemudian di kasih cream spt th 2010 tp setelah pakai malah tambah banyak jerawatnya, akhirnya di peeling acne. tp tetap tidak hilang, cream tetap di lanjutkan. Karena tidak puas sekitar 2 bulan ini pindah ke dokter kulit di RS mitra, memakai creamnya jerawat tambah parah, balik lagi ke dokter tsb di suruh teruskan dan di beri obat minum, jerawat agak reda. Selagi memakai cream tsb wajah saya telah 2x di laser acne tp saya berhentikan krn saya merasa peralatannya kurang steril (Bukan di dokter tsb tp di klinik lain). Sekarang kulit saya jadi merah dan byk jerawat kecil2 sampai 1 wajah dan ada beberapa yg besar.Pertanyaan saya apakah saya keracunan obat kimia ya krn wajah saya jadi merah? Apakah saya bisa meninggalkan obat dokter tsb sekarang dan mengikuti langkah2 spt yg mbak sarankan di atas mengingat wajah saya msh di penuhi jerawat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  22. Dear mbak Jeni, kedengarannya memang agak parah ya mbak..
    Kalau masalah keracunan atau tidak, tidak dapat diklaim begitu saja karena tentu harus di cek ke klinik terlebih dahulu. Namun pada dasarnya, proses keracunan kimia itu tidak hanya berefek pada wajah saja, namun ke seluruh tubuh. Nah untuk kasus keracunan berat biasanya diikuti dengan gejala lain. Sedangkan untuk keracunan ringan biasanya bisa diatasi oleh organ tubuh kita sendiri yakni hati, dengan catatan hati kita dalam kondisi baik.
    Saya tidak dapat memberi saran yang terlalu detail karena saya tidak bisa melihat langsung bagaimana kondisi jerawat mbak, apakah diikuti dengan rasa sakit atau tidak, apakah mengeras atau tidak dsb. Namun saran saya, coba hentikan pemakaian segala jenis kosmetik, terutama jangan gunakan peeling, jangan memakai scrub wajah dan jangan menggunakan kosmetik ringan yang mengandung parfum, akohol dan zat aktif lainnya.
    Oya, saran saya kemudian, coba bersihkan dari dalam kalau memang ada kecenderungan yang mengarah ke kecurigaan mbak jeni.
    1 . Coba rutin mengkonsumsi air putih setiap bangun tidur diikuti dengan minyak zaitun ekstra virgin dan jangan minum air setelahnya. Tunggu minimal satu jam kemudian bisa diikuti dengan minum atau makanan lainnya.
    2 . Perbanyak makan sayur dan buah serta air putih, minum perasan jeruk tanpa gula setiap hari.
    3 . Perbanyak konsumsi putih telur, ingat putih telur, bukan kuningnya ya mbak.
    4 . Kalau mbak doyan jamu, coba sesekali minum kunyit mentah yang diperas tanpa gula, karena kunyit berfungsi mengobati infeksi dari dalam
    5 . Kurangi konsumsi gula, makanan berminyak dan berlemak, terutama gula karena gula makanan kegemaran virus, sehingga jika ketersediaan gula dalam tubuh cukup banyak virus dan bakteri dalam tubuh mbak akan tumbuh subur.
    6 . Untuk pelembab bisa oleskan minyak zaitun ekstra virgin, diamkan lima menit, lap dengan kain hangat.
    7 . Untuk vitamin E, saya netral dan tidak melarang atau menganjurkan karena disamping efeknya memang baik untuk kulit, efek lainnya juga membuat tubuh lebih gemuk.

    Semoga saran dari saya membantu ya mbak :-)
    Salam

    BalasHapus
  23. Asslm. Mba.
    Saya mau tanya, di atas mba bilang kalau mau berhenti ketergantungan kita perlu perlahan2 mengganti cream kita. Emang ga apa2 ya mba dalam satu waktu kita pakai cream pagi dan cream malam yang berbeda?

    BalasHapus
  24. Waalaikumsalam wr.wb
    Dear mbak Stela, jawabannya tergantung mbak, hehehe..kalau mbak bertanya ke dokter kecantikan pasti jawabannya tidak boleh, kalau bertanya ke klinik yang berbeda pasti jawabannya langsung pindah ke kosmetik mereka, dan kalau saya yang ditanya jawabannya tidak apa-apa mbak, selama pelembabnya ringan dan lebih bagus kalau ada tulisannya non comedogenic atau tidak menyumbat pori, karena kalau kita pindah secara langsung otomatis kulit akan shock, belum beradaptasi yang ada malah timbul bintik2 kadang disertai jerawat besar dan kasar. insyaallah semua ada prosesnya mbak, keluar dari ketergantungan krim dokter pun ada prosesnya.
    pertama yang mesti dihindari ganti sabun wajah dengan sabun bayi cair, rajin bersihkan wajah dengan susu pembersih yang tidak mengandung alkohol dan parfum, diikuti mengganti krim pagi baru kalau sudah terbiasa ganti krim malamnya.
    semoga membantu ya mbak :-)

    BalasHapus
  25. Makasi atas info blognya mbak, saya juga punya muka yang sensitif karna dokter, muka saya terus mengelupas sampe tidak bisa pake befak bedak tabur karna jadi mengelupas, mbak ga pake sabun cuci muka? Hanya pembersih viva? Dan harus pake pelembab ya mbak? Mohon bantuannya ya. Makasi mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Cynthia, kulit mengelupas bisa karena kering, bisa juga karena kulit terlalu tipis, baru mau tumbuh tapi teriritasi. Kalau memang separah itu, coba gunakan EVOO (extra virgin olive oil) atau minyak zaitun extra virgin, bisa dibeli di supermarket2 besar, di deretan minyak goreng, pilih yang botolnya gelap, setiap hendak membersihkan wajah, cukup teteskan 5tetes minyak zaitun atau secukupnya, oleskan ke wajah, diamkan beberapa saat lalu pijat sambil diurut2 bagian2 yang kotor, sama seperti ketika mencuci muka, setelah itu gunakan lap hangat untuk membersihkan bekas minyaknya. Untuk wajah mbak, sebaiknya hindari menggunakan sabun wajah foam apalagi scrub, gunakan sabun bayi yang cair yang minim parfum, misal pigeon, switsal atau yang lain. tapi sebaiknya gunakan saja dulu terapi minyak zaitunnya, sebenarnya bedak tabur tidak masalah digunakan, asal bedak tabur yang ringan seperti bedak bayi yang minim parfum atau bedak march, hanya saja mungkin estetika di wajah kurang ya, karena kelupasannya akan sangat terlihat. terlepas dari itu, bedak tabur tidak apa2 digunakan asal mbak cyntia pede hehehe...oya, jangan gunakan bedak tabur yang berat ya, misalnya bedak tabur yang khusus untuk make up yang berwarna coklat. Kalau ingin menggunakannya tunggu sampai kondisi wajah mbak membaik. perbanyak minum air putih tentunya, agar membantu dari dalam untuk mengatasi kekeringan kulit. Semoga bermanfaat ya

      Hapus
  26. Assalamualaikum mbak,
    Sebelumnya, terimakasih atas saran dan solusinya. Begini mbak, sama dengan yang lainnya, saya juga ingin sekali menghentikan pemakain krim kecantikan. Saya sudah memakai produk dari Natha*** sudah setahunan ini. Baru saya sadari ternyata muka saya merah meskipun tidak sedang terkena sinar matahari. Sehingga 3 hari yang lalu saya memutuskan untuk mengehentikan seluruh aktifitas pemakaian krim dari produk tsb. Setelah memutuskan berhenti total, saya langsung memakai sabun Nivea tanpa scrub alhasil wajah saya malah tumbuh bintik-bintik merah disekitar mulut, atas alis, hidung, dan hampir seluruh wajah saya sehingga mengakibatkan wajah saya semakin terlihat merah. Bagaimana solusi yang tepat untuk masalah saya ini mbak? Apakah wajah saya bisa kembali normal spt dulu sebelum memakai krim tsb dan berapa lama waktu yang dibutuhkan? Apakah saran mbak di atas bisa digunakan untuk masalah saya ini mbak? Terimakasih, saya tunggu solusinya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Okta, Untuk kasus mbak, saran2 saya yang diatas bisa diterapkan semua mbak, mungkin yang lebih detail adalah penggunaan sandpaper dan sedikit alkohol. bersihkan wajah terlebih dahulu, cuci dengan sabun bayi cair atau air saja, gosokkan sand paper di daerah yang terdapat bentol2 kecil, untuk menghindari infeksi oleskan alkohol 70%setelahnya. tunggu kering sebentar, mbak bisa mengoleskan getah lidah buaya ataupun masker jerawat, saran saya gunakan masker jerawat yang kita seduh sendiri seperti indah warni atau kita buat sendiri dari putih telur dan jeruk nipis, sedikit saja, oleskan. Lakukan berulang2, terutama menjelang tidur, dan jangan dikorek2 dengan tangan kotor, meskipun sudah mulai mengering, biarkan mengelupas sendiri. Selama proses recovery ini gunakan hanya pelembab yang ringan saja untuk siang harinya ya mbak, supaya tidak membebani kulit wajah.Oke semoga bermanfaat :-)

      Hapus
  27. Kalau untuk kulit berminyak dan sensitif gmana caranya mbak???aku jg lagi proses brhnti cream dokter dan muka ku parah bgt jerwat dmn2 trs komedo jg kluar smua..mbak proses break outnya brp lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mbak Acil, terimakasih ya sudah mampir ke blog saya :-)
      Banyak diantara kita yang berfikir bahwa untuk menghilangkan minyak di wajah harus pakai foam extra pembersih minyak, anggapan itu justru salah. Foam pengurang minyak justru akan memicu timbulnya minyak yang lebih banyak lagi, kenapa? Karena minyak pada wajah adalah upaya alami kulit untuk menjaga kelembaban kulit dari kekeringan, nah kalau dibersihkan dengan foam pembersih wajah extra kuat, kulit akan menjadi kering dan justru memicu keluarnya minyak yang lebih banyak lagi.
      Sebaiknya mba Acil, berhenti menggunakannya, dan beralihlah dengan menggunakan minyak zaitun, minyak teh atau minyak esential lainnya, karena minyak hanya akan larut dengan minyak juga bukan? gunakan minyak dengan kualitas yang paling bagus, misalnya extra virgin olive oil, pure esential oil, dsb. Caranya, teteskan dua sampai tiga tetes pada tangan, usapkan ke wajah, pijat dan bersihkan daerah yang berkomedo adan yang dirasa kotor, gosokkan kedua telapak tangan sampai terasa hangat lalu tempelkan ke wajah, ulangi hingga wajah terasa berkeringat, setelah itu lap dengan kain hangat.dan taraaa... silahkan bilas dengan air dingin tanpa sabun, lakukan secara rutin minimal satu bulan, dan silahkan lihat hasilnya ya :-)
      Salam

      Hapus
    2. Mbak, saya juga pengen berhenti dari krim dokter, kalo jerawat saya itu kecil kecil seperti komedo itu gimana ya? kalo seumpama malamnya sudah tidak menggunakan krim dokter tapi menggunakan minyak zaitun yang olive oil terus paginya masih tetep menggunakan krim dokter lalu pakek bedak dari dokter itu gimana mbak?
      Kalo seumpama juga setelah pakek minyak zaitun itu bedakan gitu gimana mbak? Terima kasih

      Hapus
    3. Mbak, saya juga pengen berhenti dari krim dokter, kalo jerawat saya itu kecil kecil seperti komedo itu gimana ya? kalo seumpama malamnya sudah tidak menggunakan krim dokter tapi menggunakan minyak zaitun yang olive oil terus paginya masih tetep menggunakan krim dokter lalu pakek bedak dari dokter itu gimana mbak?
      Kalo seumpama juga setelah pakek minyak zaitun itu bedakan gitu gimana mbak? Terima kasih

      Hapus
  28. dear mbak, saya juga ingin melepas ketergantungan dari dkter
    jadi udah semingguan ini saya langsung berhentiin total semua produk dri dkter ya. tapi ternyata harus bertahap yaa. gimana dong saya udah terlanjur berhentiin total. dan keluar banyak banget jerawat gede, saran nya dong mbak, makasii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ayu, maaf ya baru sempat balas pesanmu.
      Sudah berapa hari berentinya? kondisi jerawatnya seperti apa?
      Hm., memang sih, seharusnya bertahap, tapi kalau sudah terlanjur ya semoga saran saya berikut bisa menolong sedikit.
      Jika jerawatmu parah dan bernanah (Infeksi), saya menyarankan kebalikan dari yang biasanya orang dengar dari dokter. Saran saya konsumsi putih telur, direbus lebih baik. Karena kandungan protein pada putih telur akan membantu melawan infeksi dari dalam. tapi hasilnya baru bisa dilihat kira-kira 21hari ke depan setelah mengkonsumsi putih telur, minum air putih minimal 8gelas sehari, jangan memencet jerawat dengan tangan kotor dan cobalah mengkonsumsi minyak zaitun extra virgin untuk membantu membuang kelebihan minyak yang tidak berguna dalam tubuh.
      untuk perawatan luar, ganti pembersihmu pakai minyak zaitun extra virgin juga, tapi kalau misalnya pakai pembersih yang ringan seperti viva tidak bermasalah, bisa digunakan. Sebenarnya ada pembersih yang bagus untuk wajah berjerawat parah dan masih sangat sensitif, namanya cetaphil, tapi saya tidak terlalu recomended dengan alasan harganya yang mahal dan hasilnya pun tidak jauh beda.
      untuk membersihkan wajah, pertama usapkan minyak zaitun extra virgin ke wajah, pijat seperti biasa, lalu lap dengan handuk hangat. Oya, sering2lah menguapi wajah, misalnya dengan mangkuk yang diisi air panas, atau menguapi wajah diatas penanak nasi, karena vitamin b dari beras akan membantu mencerahkan wajahmu. untuk pelembab, kamu bisa gunakangel lidah buaya, biarkan kering dan tutup dengan bedak. malamnya, setelah dibersihkan dengan minyak zaitun, coba oleskan minyak tawon ke luka jerawat yang sudah mulai mengering, jika jerawat sudah sembuh, cukup gunakan minyak zaitun atau gel lidah buaya sebagai krim malam
      semoga membantu ya

      Hapus
  29. Dear mba ayu, mba aku 22 tahun skrg aku jg lagi proses berhenti make krim dokter. awalnya aku berhenti make krim malem, krim paginya masih sering aku pake. sdh seminggu ini aku udh ga make lagi krim pagi, skrg aku cuma pake pencuci muka sm bedak bayi aja. awalnya pake facial wash p*nds tp stelah aku baca blog mba ayu aku ganti sabun bayi . hehe .. muka aku sekarang kluar jerawat2 kecil gitu mba, kaya biang keringet kadang gatel sih .. aku mau tanya mba, aku bagusnya make apa aja sih mba bwt kedepannya? jenis kulit aku agak berminyak, trus masalah jerawat kecil kaya biang keringet itu biarin aja ya mba ? sm utk vit E yg bagus ap mba? mohon infonya ya mba ayu, terinakasih.,, salam kenal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mikaila, salam kenal juga ya. jerawat kecil yang keluar itu wajar ketika kita berhenti dari krim dokter. Hanya saja memang mengganggu karena rasanya risih ketika dipegang, kadang juga sampai memerah dan tidak enak dilihat, tapi ini masih dalam tahap normal. Saran saya, yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan sand paper atau peeling, bisa di beli di toko khusus kosmetik, ada banyak macam dan merknya tinggal kamu pilih. Sebelum menggunakannya pastikan dulu wajah kamu bersih, oya.. tangan juga harus bersih ya. setelah itu ikuti langkah2 yang saya tulis di blog, karena tulisan saya ini saya tujukan untuk yang mengalami masalah mayoritas seperti yang kamu alami.
      Kalau ditanya vitamin e yang bagus, saya jawab yang cocok, hehehe.. karena beda orang beda kebutuhan vitamin e nya, kalau kulit kamu cenderung sudah lembab, cukup konsumsi vitamin e dosis rendah, biasanya bagi mereka yang memiliki kulit lembab secara alami, lebih cepat pemulihan radang atau bekas luka di kulitnya. Namun jika kulit cenderung kering, dosis bisa ditambah. Kalau saya pribadi, saya menggunakan wellness vitamin e, hanya saja efeknya bikin saya sedikit montok..hehehe.. tapi saya imbangi dengan olahraga yang cukup jadi tidak begitu masalah buat saya.
      Kabar kabar yah nanti gimana perkembangannya, semoga membantu :-)

      Hapus
  30. mbak mau nnya mbak ,sya kan bru dri klinik kecantikan buat ngilangin jerawat ,jd kmaren muka sya tu byk jerawat di pipi kanan kiri ,disna sya di facial gtu stlah itu di ruller mbak, skrg bekas2 jerawat nya mengering gtu ,jd mbak kalo selesai ini sya bisa ngk pke krim lain yg bukan dri klinik nya ,wardah gtu mbak.. apa ngk ada masalah nnti mbak stlh pke krim wardah? bls ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Ada Wiyah, maaf baru sempat membalas nih..
      Saran saya, jangan langsung gunakan kosmetik yang berat2 dulu, lebih amannya gunakan minyak zaitun saja mengingat kulit mbak yang berjerawat, saya tidak bisa melihat secara langsung kondisi jerawatnya seperti apa.. tapi kemungkinan tipe kulit wajah mbak adalah kulit berminyak, hindari gunakan kosmetik berat, jangan gonta ganti kosmetik, hindari juga penggunaan foam. Sebaliknya gunakan Evoo untuk pembersih sekaligus pelembabnya ya.. semoga membantu :-)

      salam

      Hapus
  31. gini mbak ,sya takut ketergantungan aja sma krim dri klinik nya ,lgian pun hrganya pun trlalau mhal mbak.. bls ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  32. dear mba ayu,baca pengalaman mba d atas persis banget ma yg aku alami sekarang....klo krim habis dan belum sempat beli k klinik langsung wajah gatal2,merah,dan muncul jerawat2 kecil berair gitu....awalny g kuat,akhrnya ngalah deh beli krim lagi...terulang lg minggu ini,udah mau ngalah lagi brgkt k klinik...trus browsing2 dapet artikel mba ayu...jd semangat deh mau pisah dr klinik....aq mau coba tips2 dr mba d atas...tengkyuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Rafa.. salam kenal ya..
      Semoga tips nya membantu, oya untuk tambahan saja, jika kulit mbak tipe kulit berminyak, bisa juga pakai ekstra virgin olive oil (evoo), gunakan saja sebagai pembersih sekaligus pelembab di malam hari..
      salam

      Hapus
  33. Trimakasih mbak ayu atas infonya, tapi aku mau nanya kondisi wajah mbak ayu skrg bagaimana ya? Terus kalo boleh tau skrg menggunakan produk kecantikan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Amirotun Sholihah, alhamdulillah wajah saya bebas jerawat, minyak ada tapi masih dalam ukuran sewajarnya, tidak putih tapi sehat dan yang jelas tidak kusam.
      Kalau saya sendiri untuk sehari-hari menggunakan sabun switsal milk and honey untuk pembersih, minyak zaitun evoo untuk masker dan pelembab alami ketika berada dirumah, sekaligus untuk membersihkan wajah dari make up, untuk perlindungan ketika keluar saya menggunakan garnier pa++ dan bedak bayi, untuk bepergian karena tidak memungkinkan saya membawa minyak zaitun dan karena ribet juga, saya gunakan cetaphil yang pure tidak ada tambahan macam-macamnya. Saya tidak mengharuskan mengikuti apa yang saya pakai, kosmetik itu cocok-cocokan soalnya. Switsal dan garnier bisa didapatkan dimana-mana, kalau minyak zaitun silahkan beli di supermarket bagian minyak, cetaphil bisa didapatkan di apotik-apotik tapi saya tidak terlalu recomended karena harganya yang lumayan mahal, tapi harga segitu saya rasa cocok dengan kualitasnya, dan yang jelas tidak bikin ketergantungan karena bahan-bahannya alami, bisa juga digunakan untuk wanita hamil dan bayi. Semoga membantu ya :-)

      Hapus
  34. Dear mb ayu,, pengen cerita saya udah 11 bln berenti kosmetik dokter,,
    Sampe skrg msih jerawatan... pusing di koment mulu ni wajah..
    Tapi sekarang ng separah pas awal2 berenti..
    Tpi msih d blang banyak,, sejak berenti saya pakai kosmetik wardah yg acne,, saya udah coba mkai bwang putih, ctm tpi ng ngaruh,, mohon bantuan y mb ayu,, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Nani..Jerawatnya besar2 menonjol bengkak atau kecil2, atau justru tinggal bekasnya?
      Oh iya, jerawatnya ada isinya ndak?

      Kalau jerawatnya kecil2, coba mbak ikuti langkah artikel saya ini, namun jika jerawatnya besar-besar, apalagi ada isinya coba ikuti saran saya ini
      1. Pertama konsumsi air putih yang banyak,
      2. Hindari makan ayam broiler atau ayam potong yang disuntik hormon, boleh makan ayam tapi ayam kampung atau ayam broiler yg dipelihara sendiri jadi tidak disuntik hormon, kurangi makanan berminyak, perbanyak makan buah dan sayur,
      3. Konsumsi putih telur rebus minimal sehari satu butir, pada awal konsumsi jerawat akan keluar banyak, tidak apa-apa diteruskan saja, karena protein sedang melawan bakteri
      4. Konsumsi minyak zaitun extra virgin
      5. Kalau mbak suka bekam, bekam sebulan sekali membantu mengeluarkan darah kotor yang menumpuk, sehingga peredaran darah lancar dan bersih
      6. Jangan memegang atau memencet jerawat yang sedang bengkak dengan tangan kotor ya, segatel-gatelnya jangan dipegang, cuci tangan dulu.
      7. Jika mbak menggunakan facial foam, lebih baik dihentikan, gunakan sabun bayi yang cair, yang cair ya jangan yang batangan
      8. Bersihkan wajah dengan minyak zaitun extra virgin tadi, caranya dengan mengusapkan ke wajah, dipijat sebentar kemudian lap dengan handuk hangat atau kain hangat, oya oleskan juga minyak zaitun setiap malam ketika hendak tidur sebagai krim malam, kemudian paginya bilas dnegan sabun bayi.

      untuk sementara itu dulu ya mbak, tolong nanti saya dikabari dan di share lagi ya bareng-bareng disini supaya yang lain siapa tahu bisa belajar dari pengalaman mbak..
      semoga membantu ya
      salam :-)
      9.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  35. Assalamualaikum mb
    Mb aku udah perawatan 2thn didokter kulit dikotaku ,dan ternyata kulitku jadi semakin tipis . Akhirnya aku langsung ke klinik kecantikan(tanpa pemberhentian pemakain cream lama dari dokter kulit aku langsung pakai cream baru dari klinik kecantikanku,eh dua hari setelah pemakain cream baru mukaku jadi bintik2 . Nggak tau ini termasuk parah apa enggaknya . Ada didaerah sekitar mulut dan pipi .Gimana ya cara mengatasinya mba ?dengn pemberhentian pakai cream baru apa melanjutkan perawat tersebut dengan datang ke klinik kecantikan tersebut . Tolong sarrannya ya mba . Ditunggu jawabannya . Terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dinar, salam kenal yah.. maaf baru sempat membalas pertanyaanmu, wah sudha lama sekali yah.. kalau boleh tahu bagaimana keadaan kulitmu sekarang?

      Hapus
    2. Halo Dinar, salam kenal yah.. maaf baru sempat membalas pertanyaanmu, wah sudha lama sekali yah.. kalau boleh tahu bagaimana keadaan kulitmu sekarang?

      Hapus
    3. Dear dinar sayang, maaf ya baru aktif lagi nih di blog..
      Hm.. biasanya kita sebagai wanita memang kurang sabar dengan proses dan ingin hasil yang cepat, dan itu yang sedang kamu alami sekarang. Lebih baik kalau memang ingin meneruskan pakai salah satu saja. Namun jika ingin secara alami bisa ikuti metode saya diatas. semoga membantu ya

      Hapus
  36. Saya sama dg kakak pakai produk dokter di kota yk. Kini saya bnrr bnr ingin brhenti setelah 4hari tk pakai krim yg kbetulan habis. Wajah saya memerah kecil kecil. Lalau saya mnyerah dan pakai krim yg sma lagi. Lalu skg sya sudah bnr bnr ingin lepas krna dsrnya hasilnya juga g sesuai keinginnan sya g spt tmpt yg prtama sy pke dlu. Hasilny bsa dblg waow. Wajah saya kmbali memerah. Saya browsing gimana cara hentikan efek addict pda wajah saya. Dan finally i found your blog n i really really love your tips. SMoga wajah sya cpt kmbali normal. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Gilar, salam kenal yah sebelumnya..
      Sebelumnya maaf ya baru sempat membalas pesanmu.. kalau boleh tahu kondisi kulitmu sekarang bagaimana ya? Supaya saya lebih mudah memberikan solusinya

      Hapus
    2. Hai Gillar.. bagaimana hasilnya sekarang? apakah sudah ada perubahan?

      Hapus
    3. Hallo mba ayu saya pakai krim dokter udh satu tahun nah saya ingin berhenti pemakaian.. tapi saya masih takut mba kalau nnti kulit saya jd berjerawat, kulit saya sensitif mba apa bisa mengikuti metode mba diatas? Oia saya juga bnyk pantangan makanan dr dokter mba saya udh mantang tp kulit saya msh berjerawat saya ingin berhenti saja mba, itu mba ayu setelah normal kulitnya ada pantangan makanan juga ngga mba? Terimakasih mohon balesannya mba..

      Hapus
  37. Hai mbak Ayu, salam kenal. terima kasih ya postnya bermanfaat banget nih buat aku. Sebelum saya mencoba tipsnya bolehkah saya bertanya, sebenarnya yang harus dihentikan terlebih dahulu krim pagi dari dokter atau krim malam dulu ya mb? Selama setahunan ini saya pakai produk dari dokter (krim pagi, krim malam dan bedak tabur) sudah seminggu lebih saya tidak pakai krim malam dari dokter, memang saya sengaja tidak memakainya karena memang ingin berhenti dan efek sampingnya muka saya bentol merah kecil. kalau saya pakai cream malam lagi muka saya normal kembali, sebelum seminggu itu saya pakai krim malamnya selang seling 2 hari sekali dan tidak ada efek samping apa-apa. Dan saya juga masih rutin sampai sekarang menggunakan krim pagi dan bedak tabur dari dokternya tapi bentol merahnya tetap tidak hilang-hilang. Saya coba untuk membersihkan wajah setiap malam dengan facial foam clean n clear dan masker 2x sehari(pakai wardah) bentolnya berkurang tapi tidak bisa menghilangkan gatalnya. Untuk saat ini apakah saya harus menghentikan pemakaian krim pagi juga atau tdk ya? untuk proses iritasi seperti itu biasanya sampai beberapa minggu ya mba?terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Nana, jika ingin melepas ketergantungan krim dokter yang pertama kali dihentikan pemakaiannya adalah krim pagi.. jangan gunakan facial foam karena dia bersifat mengikis minyaka alami wajah, jika kulit wajah kering tentu mudah menjadi iritasi dan terasa gatal bukan..
      Tips diatas dilahkan dicoba dan jangan lupa share ya hasilnya nanti :-)

      Hapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Salam kenal nhe lilis d tretes, saya mau sharing khan tgl 10 kemarin saya ikut facial trus mulai tgl 20 saya sudah tidak tahan merasakan rasa gatal panas dan juga merah d lipatnya hidung q itu terjadi 3 hari memakai cream sehabis facial , trus apa yang harus q dilakukan supaya tidak lagi rasa panas , gatal ,dan merah seperti ini lagi apa saran mb di atas bisa saya lakukan ato ada saran yang lain lagi untuk masalah wajah saya , kalo bisa d balas langsung bls d 085232728822 no ini. Tp sebelumnya saya ucapkan terimakasih tp harap di bls secepatnya Y mb saya sudah tidak tahan lagi ngerasain ini d wajah saya.

    BalasHapus
  40. thx untuk info nya mba ayu, saya mau tanya sekarang ini kondisi kulit wajah mba udah sehat lagi?? mlm ini saya sengaja bgt browsing sana sini buat cari info ttg efek cream dr dokter/ketergantungan dr cream2 muka skincare.u. saya udah 3 tahun setengah gunain cream dr dokter kulit, tp entah kenapa udah 4 hari ini muka kok tiba2 merah2 plus gatel, rencananya saya nunggu 1 minggu liat perkembangan kulit msh kaya gini ga baru saya konsul dokter. tapi saya liat kulit muka bintik2 merah plus gatel saya jdi niat bnr2 berhenti buat pkae2 cream dr dokter. kalo boleh mba update kulit wajah mba ayu skrg.. dan gimana apakah msh ada efek dr cream mba terdahulu sampai detik ini? trus brapa lama mba nglakuin proses pelepasan cream dr dokter?? apa sampai berbulan2??

    BalasHapus
  41. maaf mbak saya pernah pindah klinik perawatan wajah.. sebenenya tidak tumbuh jerawat hanya saja ada flek hitam yg mengganggu.. padahal saya sudah konsultasi ke dokter di klinik yg baru.. d suruh pake cream ini itu dan segala macem facial treatment tetapi tidak juga hilang... gimana ya mbak?

    BalasHapus
  42. Halo mbak, bisa minta cp ngga mbak? Mau nanya produk apa aja pas lepas dr skincare sblmnya. Panik nih baca blog mbak, baru beberapa minggu nyoba sebuah skincare yg dipikir" emg gaje mbak. Makasih, mohon bantuannyaaaa

    BalasHapus
  43. Hai mbk ayu aq uul salam kenal y mbk..
    Mbk aq udh 2 bulan ini prawatan du nat*sh* tpi emang ga tratur sih mbk soalnya aq ga punya bnyk wktu gara2 sibuk urusan skolah.. Nah aq ngrasa ga cocok mbk pke prodaknya aalbya jrawatku malh tmbh parah.. Skrang aq udah brenti pke krim mlmny mbk n cuma oke krim pginy tpi itu pun aq loncatin 2 hri, mlmbya aq maskeran oke jagung muda yg dparut n alhamdulilahnya jrawatku aga mndingan tpi bksnya blm ilang2 mbk.. Mbk mnurut mbk aq prlu ngikutin saran mbk ayu kaya yg diatas ga mbk?

    BalasHapus
  44. Hii mbak. Makasih bget infonya. Sbelum aku baca treadmu. Aku lagi proses pelepasan dari cream dokter udah 4 hari ini. Aku pakek sabun bayi jhonson yg susu itu aku pakek udah lama bahkan aku pakek sama cream dokter. Dan aku juga pakek toner viva. Nah selama 4 hari ini aku pakek zaitun pas mau tdur. Wajahku ndak parah sih break outnya mungkin aku cuma bentar aja ya pakek krimnya cuma setengah tahun aja sih. Cuma bintik kecil sedikit di pipi. Itu nggak papa kan ya? Harus pelembab itu ya? Kalok wardah lightening boleh nggak? Itu termasuk ringan nggak mbak? Sekedar masukan. Katanya masker outmel itu bagus buat bintik merah. Ini aku proses pemakaian. Terima kasih mbak

    BalasHapus
  45. mba ayu, saya mau tanya juga dong. saya pake produk kecantikan L*C. nah udah setengah tahun ini saya pake. tapi muka saya sekarang jadi gampang merah, kering, dan mngelupas. pdahal temen saya pake sudah lama tapi tidak sperti saya. apakah karena kulit saya tidak cocok atau kenapa, terus saya harus berhenti atau konsultasi lagi ke dokter

    BalasHapus
  46. mba ayu, saya mau tanya juga dong. saya pake produk kecantikan L*C. nah udah setengah tahun ini saya pake. tapi muka saya sekarang jadi gampang merah, kering, dan mngelupas. pdahal temen saya pake sudah lama tapi tidak sperti saya. apakah karena kulit saya tidak cocok atau kenapa, terus saya harus berhenti atau konsultasi lagi ke dokter

    BalasHapus
  47. Saya udah lama perwatan, dlu sempat hasil memuaskam, tapi lambat laun kulit sya bermaslah srhingga pindah pindah dan skrg di natasha. Mukanya merah dan kalo g pake cream malem dan cream pagi muka semakin tebel, gatel dan muncul bruntusan kak. Saya udh cb brhenti tp gagal trus. Tlg tipsnya donggg. Udh pgn brhenti dri dlu2 tp blm bsa jg :(

    BalasHapus
  48. thanks bgt infonya sangat membantu.. Tapi kadang aku suka ga pede kla ga pk bedak.. kl misalnya aku ttp pake bedak tabur di masa stop pake kosmetik spt yg mba bilang, itu boleh gak ya? Bedak taburnya jg yg ringan spt marks gitu mba. Makasih

    BalasHapus
  49. Hai mba. .
    mslah qu jg sma ktrgntungan. .
    Qu mw tnya klau pke masker lidah buaya brpa kalii seminggu??
    truz kalau pake send paper di pakai ya tiap hari??
    qu gii pake masker kefir. Mba tau gak??
    Ktaya bisa memutuskan ktrgantungan pda cream dktr jdi gmna ya??
    Mohob saranya ya mksih

    BalasHapus
  50. assalamualaikum mbk saya mau minta solusi ini saya pakek cream mukak saya timbul bulu banyak saya mau berhenti tapi bingung caranya gimana? menurut mbk aku harus gimana?

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum wr.wb
    Melihat postinga dari mba saya merasa sedih dah menyesel, karena saya baru baca postingan mba yg sangat bagus dan bermanfaat ini, saya mengunakan cream dokter udh hampir 6 tahun. Pernah sesekali saya memakai moment dan itu ternyata ngedetox dan muka saya pun jadi berjerawatan, setelah saya berhenti meminum itu saya langsung kemvali lagi pake cream sebelumnya untuk mengatasi jerawatan itu, setelah kirang lebih sampe 6 bulan muka saya pulih walaupun tidak semulus sebelumnya. Lalu beberapa baru" ini saya baru menyadari klo cream itu ternyata membuat saya ketagihan, tapi yg disayangkan saat saya sadar mengenai itu saya sedang perawatan feeling yg membuat muka saya gosong. Dan saya niatkan setelah feelingan ini mengelupas semua saya akan berhenti dari cream dokter. Hari ini pun feelinga itu belum terkelupas secara sempurna tetapi saya sudah tidak memakai cream dari dokter. Muka saya timbul bintik" lalu merah daan berminyakk hebatt rasanya gatal sekali mba. Melihat comenan" yg lainn yg perawatan dari dokternya masih sebentar" saja tapi efek jerawatannya banyakk, bagaimana dengan daya mba yg sudah mulai perawatan dari dokter hampir 6 tahunn. Jujur saya jadi khawatir ini akan lama prosesnya. Menurut mba saya harus bagaimana? Ohya untuk perawatan dari dalam saya minum nourish skin. Apa itu gpp mba? Terima kasih mohon bantuannya ya mba :)

    BalasHapus
  52. salam kenal mbk ayu
    saya ingin bertanya, kira-kira setelah 1 bulan saya tidak menggunakan krim pagi, krim malam, facial foam dr dokter, muka saya masih keluar jerawat merah-merah mbk.nah saya inisiatif sendiri menggunakan busa pembersih jerawat dr sari ayu (seperti facial foam) dan bedak tabur marks tanpa memakai pelembab apapun.
    tapi sampai sekarang masih saja keluar jerawat merah-merah. nah solusinya bagaimana yaa mbk? pelembab dan sabun cuci muka apa yg harus saya gunakan?
    lalu untuk minyak zaitun yang extra virgin itu biasanya kita dapatkan di minyak zaitun merk apa yaa mbk?
    mohon dibalas ya mbk :)
    Balas

    BalasHapus
  53. Dear All,
    Maaf baru aktif lagi nih buka-buka blog,
    kalau saya baca2 komentar, pada umumnya semuanya sama keluhannya.
    Coba dibaca-baca lagi saran di artikel diatas yah :-)
    intinya, saat kulit bermasalah, gunakan bahan alami atau kosmetik yang tidak mengandung sabun, bahan kimia dan tidak menyumbat pori, apa saja merknya, ada banyak sekali di pasaran dan tinggal pilih sesuai dengan keinginan kita.

    Untuk Extra Virgin Olive Oil, bisa didapatkan di supermarket2, biasanya ada di deretan minyak goreng, kalau bisa sih pilih yang botolnya gelap yah, supaya isi di dalamnya tidak rusak terkena cahaya.

    Tunggu artikel berikutnya yah :-)

    BalasHapus
  54. Untuk yang ingin pemulihan dengan cepat, bisa dilihat di artikel saya:
    http://ayupriasoedjarwo.blogspot.co.id/2016/05/mengatasi-ketergantungan-krim-dokter.html

    BalasHapus
  55. hai mbak ayu
    mbak saya mau tanya saya mau berhenti dari cream dokter tp ini palahan keluar beruntus" kecil yah mbak ky biang keringet, saya udah gak pake cream malamnya tp masih pake facial foam yang dari dokter trus kalau malam saya pake masker dari sari ayu yang khusus jerawat, menurut mbak ayu gimana yahh ?? terima kasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget kayak aku mbak.jdnya skrg mbak gmn?

      Hapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. dear mba ayu....
    saya memakai produk natasha skin care selama 3 tahun. saya berniat mengganti dg kosmetik yg lain, makanya 3 minggu sy lgs stop tdk memakai produk apapun (niatnya untuk menetralkan kulit wajah). sekarang masuk minggu ke 4, saya cb pakai kosmetik baru tersebut. tp kluar bruntus kecil, merah dan gatel gt ( ini biasa terjadi klo saya tdk memakai cream mlm produk natasha). tp sy ttp paksakan pk kosmetik yg baru (jafra). saya bingung apa yg mesti saya lakukan...mana mau lebaran juga. mohon petunjuk mba...Terima kasih

    BalasHapus
  58. Luluk hidayati,23 juni 2016
    Dear mbak ayu....
    Sy menggunakan cream dokter selama 3 tahun wajah saya skrg kering,bintik2 merah sensitip dan kusam,dokter menyarankan sy feeling. Hari senin itu sy feeling muka sy mengelupas.
    Sy berencana berhenti setelah di peeling ini mbak.nunggu berapa hari setelah di feeling sy berhenti pakai crem dokter.
    Saya mohon petunjuk dan saran dari mbak...terimakasih sebelumnya.
    Mohon di balas mbak..krn sya di marahi sama suami saya.

    BalasHapus
  59. dear ka ayu,
    ka sekarang umur aku 16 tahun, aku udah 1,5 tahun pake krim dokter, kondisi muka aku berminyak, selama 1 bulan terakhir aku gapake krim pagi dari dokter dan udah ga pake sabun cuci mukanya lagi dan muka aku oke2 aja tapi setelah aku stop pake krim malem aku langsung pake krim dr skincare lain, pada hari pertama muka aku biasa2 aja tapi setelah hari ke 2 muka aku tumbuh bintik2 kecil disekitar mulut dan mata, dan ini baru terjadi hari ini, aku harus gimana ya ka? makasih ka

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum kak.
    Beberapa hari yang lalu aku pakai obat jerawat dari dokter. Setelah 2 hari pemakaian kulit wajah saya memerah terkelupas serta perih, lalu saya hentikan pemakaian cream malam selama 3 hari .. saya mau nanya, itu kenapa ya? Gimana solusinya, makasih kk

    BalasHapus
  61. Hi, q sdh lepas dr krim dok 3 hran mmg muncul merah2 d area mulut d idung skg udah mengering dan ky kering kelupas gt mba, nah itu nnt bsa ilang dgn sendiri nya ga ya? Kelupas+merah nya

    BalasHapus
  62. Salam kenal mbak. Muka saya dulunya gx pernah ada masalah yang serius tpi baru sekitar 3 Bulan ini muka saya berjerawat tidak terlalu parah dan sekarang hanya flek bekas jerawat nya saja. Saya sempat ke dokter . Tapi nampaknya tak membuahkan hasil yang signifikan. Lalu saya berencana ingin mencoba produk hn. Nah tapi saya bingung mbak apa bisa langsng pakai hn atau perlu waktu untuk menetralisir wajah dari obat yang sebelumnya? Jika iya kira2 ada gx solusi lain selain menunda waktu pemakaian. Misalkan pakai masker alami apa gitu? Atau ada solusi lain. Tolong infonya yah mbak bingung banget soalnya.

    BalasHapus
  63. kak saya risna, saya sudah melakukan tahap tahap yang dianjurkan kak ayu. saya memakai pelembab nivea pada awal, masker dari indah warni, sabun bayi kemudian saya selalu memkai rutin maksker tomat dan lidah buaya. perkembangan wajah saya selama melakukan rutin 3 minggu tahapan itu muncul bintik-bintik merah gatal tetapi saya memakai peeling dan masker akhirnya bintik-bintik mengering dan hilang. akan tetapi setelah hilang tidak lama dari itu saya beralih pelembab ke mustika ratu sekar tanjung, akan tetapi wajah saya jerawatan seperti bentol tetapi tidak berisi/bernanah diarea pipi dan banyak. apakah itu hal wajar karena masih dalam proses penyembuhan? atau karena beralih pelembab kak? dan untuk minyak zaitun saya membeli dari produk MR juga, apakah direkomendasikan kak?

    BalasHapus
  64. terimakasih kak ayu sebelumnya, salam kenal^^

    BalasHapus
  65. Hallo mbak ayu, salam kenal. Aku udah lepas dari krim dokter mbak, tapi berhentinya gak perlahan. Jadi langsung aku berhentiin semuanya. Sekarang muka aku jadi jerawatan parah banget. Nah aku balik lagi ke produk sebelum pake krim dokter. Ada saran gak ya mbak buat aku? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk ganti perawatan k Jafra, herbal dan terdaftar di BPOM
      Mau tanya2 bisa wa: 082122244598
      bisa konsultasi masalah kulit wajah

      Hapus
  66. Hallo mba ayu salam kenal, aku cinta mba, mau tanya aku bru bbrpa hari ini pake cream dokter karna perawatan abis keracunan sma cream t*m*law*k , aku di sarankan dokter buat perawatan , aku sih niatnya cuman sekali pake setelah smua cream pagi siang malam+toner abis aku gaakan pake lagi.. Aku msh takut sma konsekwensi lepas cream mba pdhl mungkin sebulan bru abis creamnya,takut kulitku jd tipis jga. Ada saran ga mba?? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibantu jawab yah mbak
      untuk penetralan lebih baik dan ganti perawatan produk sebaiknya jangan pakai apa2 selama 2 bulandan biarkan kulit wajah itu bereaksi, cuci muka pakai air bersih aja atau sabun bayi
      selanjutnya chat yah
      yuk ganti perawatan k Jafra, herbal dan terdaftar di BPOM
      Mau tanya2 bisa wa: 082122244598
      bisa konsultasi masalah kulit wajah

      Hapus
  67. Mba ayu... kalo saya baru lepas dari krim dokter.trus langsung ganti wardah.. malah bruntusan trus gatel... ganti lagi pake tje fuk.. sama aja mba.. malah banyk komedo.. sekarang sya bingung mau pake apa... mungkin dulunya saya kebanyakn gonta ganti krim dokter.. skg jd kaya gini. Kulit jg kering bgt.. kalo pake bedak ultima boleh ga mba? Tp yg tabur.. sya coba pake cln n clr yg pelembab... tp di dobel bedak gt bsa ga mba? Ga ada SPF nya apa gpp mba?

    BalasHapus
    Balasan

    1. yuk ganti perawatan k Jafra, herbal dan terdaftar di BPOM
      Mau tanya2 bisa wa: 082122244598
      bisa konsultasi masalah kulit wajah

      Hapus
  68. Mbak ayu, aku tika aku udh bulan brhnti pake cream dr klinik kecantikan, mukaku malah jadi kering sampe skrng mengelupas di sekitar bibir dan pipi terua jerawat juga tambah banyak kecil2 merah, aku udah pake minyak zaitun hampir 2 minggu tapi wajah masih kering,gimana solusinya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk ganti perawatan k Jafra, herbal dan terdaftar di BPOM
      Mau tanya2 bisa wa: 082122244598
      bisa konsultasi masalah kulit wajah

      Hapus
  69. Hallo mba ayu, saya pakai krim dokter udh satu tahun mba diikuti faciall+peeling 6 bulan pertama hasil sangat bagus mba tp stlh saya jarang faciall+peeling kulit jd berjerawat kembali mba sampai sekarang dan saya juga ada pantangan makanan dr dokter mba saya sudah mantang tapi tetap saja tidak ada perubahan kulit saya masih berjerawat mba dan berminyak sensitif pula mba ayu jd saya memutuskan untuk berhenti krim dokter tp saya masih ragu mba takut wajah saya tambah berjerawat mba, padahal saya ingin sekali punya wajah bersih mba tanpa jerawat, solusinya gmn ya mba? Terus setelah kulit normal kembali apa ada pantangan juga agar tidak berjerawat? Terimakasih mohon balasannya mba😊

    BalasHapus
  70. Assalamu'alaikum ..mba ayu. Makasih banget atas info2 nya .. sy bc dr awal mpe akhir,mba beri sarannya bikin hati tenang deh. Krna sy jg mau lepas ketergantungan cream dokter. Mba ayu, kalau untuk hilangkan garis2 sperti otot2 diwajah bgmana ya mba ???

    BalasHapus
  71. Ka ayu snta mau tanya sinta juga ketergantungann obat dokter obat jerawat yg malamnya saja tapi sinta berencana ingin lepas tp baru tiga hari muka sinta bintik2 merah trus kasar sinta bingung harus gimana akhirnya snta pakai lagi obat jerawat snta...
    Mohon mba ayu snta mnta solusi ya snta takut soal yahh

    BalasHapus
  72. Ka ayu snta mau tanya sinta juga ketergantungann obat dokter obat jerawat yg malamnya saja tapi sinta berencana ingin lepas tp baru tiga hari muka sinta bintik2 merah trus kasar sinta bingung harus gimana akhirnya snta pakai lagi obat jerawat snta...
    Mohon mba ayu snta mnta solusi ya snta takut soal yahh

    BalasHapus
  73. Ka ayu snta mau tanya sinta juga ketergantungann obat dokter obat jerawat yg malamnya saja tapi sinta berencana ingin lepas tp baru tiga hari muka sinta bintik2 merah trus kasar sinta bingung harus gimana akhirnya snta pakai lagi obat jerawat snta...
    Mohon mba ayu snta mnta solusi ya snta takut soal yahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak.kalau wajah berminyak dan mudah berjerawat plus urat merah yg tampak itu gmna solusinya agar kulitny kembali kesemula?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  74. Halo teman teman semua yang lagi berhenti menggunakan krim dokter, aku udah 4 harian berhenti total krim dokter , penggunaan rutinnya sih hanya 9 hari wkt itu . tapi biarpun ga begitu lama menggunakan krim dokter , efeknya udah kerasa. Muka jadi bruntus kecil kecil kaya ada airnya gitu wrna putih. Setelah menggunakan masker dan apapun lainnya , makin parah 😂 makin banyak . aku berhentiin pake pelembab ,masker, milk clenser,toner . aku sekarang hanya menggunakan bedak marcks pagi , siang sore malam . cuci muka pakai air hujan , dan alhamdulillah ga numbuh banyak jerawatnya . dan udah sedikit kering . maaf hanya membagi tips . semoga bermanfaat yaa 😂😄 sempet nangis ngeliat wajah yang bruntusan ,dan pengen makai macam macam . iya kalo langsung cocok, kalo ngga? Jangan coba coba kosmetik ya kita ga akan tau reaksi nya . kalo menurut aku sih gitu 😊

    BalasHapus
  75. Mbaaa ayuuu terimakasih info nya. Saya Isma, udah pake krim dokter sekitar 6 bulanan karena wajah saya jadi jerawatan. Ingin berenti menggunakan krim dokter *karena kesel jerawat tumbuh terus* tapi ada ketakutan takut jerawat makin banyak. Apa yg pertama kali harus saya lakukan? Mohon jawabannya yaaa mba ayuu...

    BalasHapus
  76. halo kak sy punya pengalaman sm seperti kk. sy sudah ketergantungan obat krim dokter selama 8 tahun.jika saya hentikan pemakaian pasti kulit muka sy memerah berbintik dan bentol. kalau sy pakai pelembab bio oil ap bs kak?

    BalasHapus
  77. Sy sblmnya jg pemakai krim dokter kecantikan,sblm berhenti hrs siapin mental dl klo pasti mengalami purging. Alhamdulillah sy mengalami purging selama 2 mgg,yg sy lakukan tiap pagi maskeran lidah buaya,minum teh ijo celup..trus ampasnya tempelin ke muka.. sm pakai penetral dr wardah yg 3 produk itu. Coba deh.. setelah purging kulit mlh lebih bersih dan glowing drpd saat pake krim dokter. Rencana sih sy mo pake produk dr wardah sj.. krn baru pake penetralnya sdh bgs.. ok,smg bermanfaat.. mksh.

    BalasHapus
  78. Mau tanya mbak aku juga begitu bru seminggu pkek kok rasanya gatal dari krim dokter naa**gr saya pengen berhenti, apakah langsung mengikuti saran embak diatas kulit saya sangat sensitiv saya pkek ponds gak ngaruh wardah gk ngaruh juga

    BalasHapus
  79. Mau tanya mbak aku juga begitu bru seminggu pkek kok rasanya gatal dari krim dokter naa**gr saya pengen berhenti, apakah langsung mengikuti saran embak diatas kulit saya sangat sensitiv saya pkek ponds gak ngaruh wardah gk ngaruh juga

    BalasHapus
  80. Mbak tri mujiarti penetralnya apa aja

    BalasHapus
  81. Mbak tri mujiarti penetralnya apa aja

    BalasHapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  83. mbak, apakah tips diatas bisa diterapkan juga untuk yang memakai cream luar seperti HN? saya pemakaian sudah 4 bulan dan ingin berhenti. trims

    BalasHapus
  84. mbak kenapa kulit saya jadi kering setelah menggunakan peeling, dan bagaimana tipsnya

    BalasHapus
  85. hai mbak..
    aku baru 3bulan memakai perawatan dokter. awal awalnya bagus banget mbak ga ada ketergantungan saya lanjut pakai.. suatu hari saya bingung tiba tiba muka saya bentol dan bintik merah dan gatal.. bintiknya seperti alergi atau giduan. saya memang punya alergi dingin kebetulan sering kali seluruh tubuh gatal dan bentol.. tapi kali ini aneh mbak hanya di sekitar muka saja.. saya bingung ini karna apa?? nah sekarang malah jadi sering gatal dan bintik.. ohiya mba, apa boleh sedang perawatan dokter memakai makeup seperti BBcream atau conclear?. menurut mbak ini karna apa dan mohon saran nya ya heheh :) terimakasih

    BalasHapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  87. Hallo mbak...saya mau tanya saya jg ngalamin iritasi karna berhenti dari krim dokter NG wajah saya keluar bintik bintik merah kecil udah satu mingguan saya berhenti total gak pakai facial wash, toner, krim dll, skrang saya cuci muka dgn sabun bayi tp yg batangan, saya udah sempat bikin masker putih telur + jeruk nipis dan skrang saya gak pakai pelembap apapun cuma pakai bedak mars aja, kemarin sempat tak kasih salep medi-klin. Gmn ya mbak cara ngatasin bintik bintik merah nya mohon solusi dan saran nya ya mbak... tetimakasih :)

    Balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  88. Salam kenal mba kini kulit saya lagi masuk ke tahap pemakaian krim malam, dan sudah mulai timbul bintik" merah yg cukup padat disekitaran pipi saya dan terkadang rasanya sangat gatal. Saya berhenti dari krim dokter sudah berjalan 3 minggu ini. Kira" berapa lama kulit akan kembali normal?
    Terimakasih 😊

    BalasHapus
  89. Mba mau tanya nih saya langsung ganti semua produk dokter saya secara langsung tidak apa apa ga mba?
    Muka saya biasa aja jerawat nya yg tadi nya Bnyak kecil kecil mulai pada ilang.. Aku langsung ganti produk ke wardah produk pertama kali saya make sebelum pake cream dari dokter.. Apa suatu saat nanti bakal ada effek nya mba??

    BalasHapus
  90. Dan setiap siang hari aku selalu olisin jerawat saya dengan minyak zaitun mbaa..
    Jdan masker qiansoto strowbery dan susu.. Jerawat saya belum hilang sepenuh nya mbaa..
    Apa nantinya bakal ilang Semua iya mba jeawat saya??

    BalasHapus
  91. Salam kenal mbak, saya mau tanya" nih. Saya baru umur 17thn, saya sudah perawatan dokter selama 1thn. Stelah saya mencoba berhenti perawatan muka saya jd jerawatan di dahi lalu menyebar ke pipi. Lalu ada tmen saya yg menyarankan memakai vitacid 0,5. Sudah saya coba. Saya jg memakai bedak dingin nirmalasari. Jerawatnya memang kempes, tp bekas jerawatnya kok susah hilang ya? Dan bekas di dahi item" gtu krna saya pernah pake pasta gigi buat ngilangin jrwt. Cara buat hilangin bekas jerawat nya gmna ya mbak? Kira" butuh waktu brp lama biar bisa hilang?

    BalasHapus
  92. maaf mbk mau nayak saya baru pakai krim dokter 2 minggu pingin lagdung berhenti kira* aman gx ya mbk? kondisu mika saya bruntusan dan cara ngilangin bekas jerawat gimana ya mbk?

    BalasHapus
  93. Haloo mba mau naya saya kan memakai krim racikan dri apotik dan sya mencuci muka pakai sabun bayi batang.. Tapi kata mba ga boleh make yg batang knp ya? Tapi alhdulillah sya make yg batang muka sya mendingan dri sebelumnya. Trus kalo lgi makai krim racikan apakah boleh memakai masker yg alami seperti lidah buaya dan jeruk nipis.. Soalnya sya takut nnti malah ga cocokk dengan ktim racikanya. Mohon solusinyyaaa

    BalasHapus
  94. Hai mba
    Aku mau tanya dong. Pemberhentian produk cream dokter boleh langsung cream malam sm toner ny ngak? Soalny pas pk toner wajah ku perih dan bauny keras jg. Terus cream mlamny aku curiga soalnya baunya ky cuka atau bau logam gtu. Bru 3hari si pemakaiannya.kulit ku skrg perih,panas,merah,bekas jrawat yg dlu2 jadi aktf lg dia.timbul lagi jd jwat baru. Ngelupas juga sih. Kalo berhenti total lagi pengelupasan gni.apa nantinya kulit yg terkelupas bisa mnjd flek2 ky orangtua gtu ya? Mhon di jwb ya mbak. Galau banget soalny😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba sri puspadewi salam kenal.....saya coba sharing juga pengalaman saya untuk masalah2 kulit harus dibantu dari dalam juga, dengan mengkonsumsi kolagen halal, salah satunya gluberry. Bagus banget untuk kulit kita dan banyak manfaat lainnya.
      Info lebih lanjut bisa WA ke 085747018910 atau cek FP Rumah Cantik Jovem. Terimakasih.
      Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  95. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  96. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  97. Halo mba Ayu , saya baru berhenti dari perawatan dokter dari skin care NG. Udah pakai sekitar 2.5 tahun, dan Sekarang aku berhenti total langsung berhentiin semua mba, terus muka jadi ga karuan aku kasih tbs yg tea tree oil bisa membaik mba, setelah itu muncul lg. Apakah Mb Ayu atau yg lain juga begitu? Hilang lalu ada lagi? Terimakasih mba ����

    BalasHapus
  98. Siang ka ayu . Aku lia
    Aku baru 2 bulan si make cream dokter. Tadinya aku make HN karena aku kemarena ada masalah kulit terus aku kedokter dikasih obat terus dikasih cream . Nah 3 hari kematen cream aku habiss tadi malem aku make cream yang awalnya aku pake . Ehh pas paginya malah muncul bintik2 merah . Aku harus gimana ya mbaa ? Minta jawaban nya dong tolong
    Makasih

    BalasHapus
  99. Siang ka ayu . Aku lia
    Aku baru 2 bulan si make cream dokter. Tadinya aku make HN karena aku kemarena ada masalah kulit terus aku kedokter dikasih obat terus dikasih cream . Nah 3 hari kematen cream aku habiss tadi malem aku make cream yang awalnya aku pake . Ehh pas paginya malah muncul bintik2 merah . Aku harus gimana ya mbaa ? Minta jawaban nya dong tolong
    Makasih

    BalasHapus
  100. Assalamualaikum mbk ayu, salam kenal dari saya. Mbk sy mau nanya, sy juga mengalami masalah karena ketergantungan cream dari dokter. Keluar bintik2 merah banyak bgt. Awalnya sy sedih sampe pernah nangis juga hehe. Mbk sebaiknya sy pake pelembab apa ya untuk pemulihan. Karena kondisi kulit saya lumayan2 sensitif, tdk semua produk kosmetik bisa diterima pada kulit saya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  101. Assalamualaikum mbk ayu, salam kenal dari saya. Mbk sy mau nanya, sy juga mengalami masalah karena ketergantungan cream dari dokter. Keluar bintik2 merah banyak bgt. Awalnya sy sedih sampe pernah nangis juga hehe. Mbk sebaiknya sy pake pelembab apa ya untuk pemulihan. Karena kondisi kulit saya lumayan2 sensitif, tdk semua produk kosmetik bisa diterima pada kulit saya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  102. Dear mbak ayu, mau curhat dikit wajah aku jai tipiss bangett abis pake krim dokter selama set tahun. Kulit kayak transparant gitu, di pipi banyak muncul spider vein malah ada beberapa urat yang keliatan biru :( apa bisa disembuhkan total tanpa operasi laser mbak? Aku pingin berhenti sungguhan dari krim dokter tapi setelah liat keluhan diatas jadi takut malah tambah break out. Kondisi kulitku kering kak, jerawat sih gak pernah sejak awal tapi komedo di hidung lumayan lah. :(

    BalasHapus
  103. Siang mba ayu perkenalkan nama saya elza usia 24th.
    Mba, saya juga mengalami masalah yg sama seperti mb ayu, berhenti pakai cream sudah hampir seminggu dan masalah yang muncul sama mb kluar bintibintik merah serta kulit saya jadi mengelupas keseluruhan tpi bagian yg paling parah itu skitar bibir dan pipi atas dan rasanya panas gatal. Sekarang saya memakai facial wash dan morturizer dari wardah mb trus untuk bedaknya saya memakai mars.Menurut mb ayu, apakah saya hrus merubah kosmetik yh skrg atau tetap memakai kosmetik dri wardah trsbut mb? Soalnya kalo mau ganti pake yg lain takut memperparah keadaan kulit yg skrg. Terimakasih banyak mb ayu ��

    BalasHapus
  104. Jual Krim Pencerah Wajah tanpa efek samping, aman dan terbaik. WA 085886715751 SMS 08999149071 Aman Bersertifikat BPOM.
    Liyoskin whitening and removing freackles ( WRF ) di formulasi khusus untuk semua jenis kulit terutama perempuan yang tinggal di iklim tropis indonesia komposisi yang sempurna dari sebuah krim wajah dengan memiliki triple action ( Mempercantik, menutrisi dan melindungi kulit ). Liyoskin menjadi salah satu cream wajah yang sangat aman untuk digunakan dan berkualitas.

    BalasHapus
  105. Ass.. mbak ketika sudah mencoba menetralkan wajah dari krim dokter, kemudian kalau untuk perawatan sebulan sekali seperti feeling/facial itu boleh gk ?

    BalasHapus
  106. Assalamualaikum wr wb.. Mbak saya memakai cream dari dokter 3,5 bulanan lah dan saya berhenti dari krim tersebut 4 hari muncul jerawat besar 2 mbak. Enaknya gimana mbak solusinya
    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  107. Assalamualaikum mbk,,
    Artikelnya bagus mbk, saya perawatan baru 2 Minggu ,sudah mulai kelihatan bersih tapi kalo saat hawa sumuk / panas muka jadi merah2 mbk dan lama hilangnya ,
    Ini sudah mulai saya hentikan untuk krim pagi nya , baru satu hari muka sudah terasa gatal2 mbk, solusi buat saya gimana y mbk,,
    Makasih mbk

    BalasHapus
  108. assalamualaikum
    mba saya mau nanya kan beberapa hari ini saya berhenti dari krim dokter saya menggunakan krim dokter kurang lebih satu tahun dan sekrg sayang sudah mulai lepas satu persatu kurang lebih udah 4 hari tidak menggunakan krim malam dan sudah mengikuti saran dari mba di atas tapi di hari k 4 muncul bintik bintik merah dsekitar hidung dan bawah hidung mbaa, trus ada sebgian jerawat juga kecil2, sebaiknya apa yang saya lakukan yaa mba misal dscrub apa ngga sakit soalnya jadi merah gitu hidungnya? trus sebiknya pkek scrub produk apa,kasih sarannya dong mba, makasih

    BalasHapus
  109. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  110. assalamualaikum...
    jadi aku itu baru aja berhenti pake krim dokter,terus muka aku tu bruntusan parah,gimana ya cara ngatasinnya??
    TerimaKasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak aku dulu kayak gini. Skrg hamdalah tinggal bekas2 sama jerawat kecil kadang. Aku pakein masker madu tiap hari, rosewater, sama grapeseed oil aja. Semoga membantu

      Hapus
  111. Mbak nya dulu lepas dari cream dokter langsung ga dipake semua atau masih dipake tapi selang seling?

    BalasHapus
  112. Assalamualaikum kak aku pake produk hn original aku udah pakek selama 2 minggu selama aku pake itu wajah aku jadi putih tetapi terjadi sering pengelupasan, setelah hilang dia timbul lagi pengelupasan di tambah bintik merah kak gimana apakah pengelupasan tersebut akan membuat kulit makin tipis gimana solusinya kak

    BalasHapus
  113. kakk mau nanya, kalo udh terlanjur berhenti memakai krim dokter tanpa berlahan, terus efeknya jadi jerawatan ngga sembuh2 gmna ya, kasih tips dong

    BalasHapus
  114. Halo mbak,Aku pake cream dokter pagi malem sama serum & facial wash nya..pas krim malam dari dokter nya lagi kosong,muka aku jadi merah kusam karena ketergantungan,Aku pikir karena pemakaian yg sangat rutin selama kurleb 10th an yah..jadi pas ga pake salah satu nya muka jadi Berasa ketarik & kering.sekarang beneran pengen brenti dari krim dokter ini..Kira"berapa lama yah Proses biar kembali ke normal lagi sebelum pemakaian krem..makasih sebelumnya ..

    BalasHapus
  115. hallo salam kenal aku ingin melepas cream dokter karna muka ku terlihat urat urat merah dan rasanya aku ingin menangis tolong kasij tips untuk mengabilakan wajahku sperti dulu

    BalasHapus
  116. Hallo kak salam kenal
    Saya sudah lepas krim dokter selama sebulan dan selama sebulan itu saya hanya menggunakan facial foam tanpa menggunakan pelembab
    Wajah sekarang menjadi sangat kusam kak
    Kira kira gmna yaa kak cara memgatasinya

    BalasHapus
  117. Hallo ka, mohon pencerahannya
    Saya sudah pakai obat dr dokter lebih dr 5th saya sempet berhenti tapi muka saya timbul jerawat, berminyak dan lgsg hitam padahal muka saya awalnya tidak hitam
    Lalu saya balik lagi pakai obat dokter sebelumnya saya dulu memakai ponds... sekarang saya masih memakai obat dr dokter tapi kalau diperhatikan muka saya tidak ada perubahan cuma bersih aja jerawat tetap ada kecil2 datang dan pergi jerawatnya
    Saya mau balik lagi seperti dulu memakai ponds kira2 sblm saya berhenti total memakai ponds saya harus bagaimana ya ka agar muka saya tidak berjerawat, berminyak berlebihan dan lgsg hitam

    BalasHapus
  118. Ya, perlu hati-hati karena dapat menyebabkan radang wajah

    BalasHapus
  119. Aku juga mau berhenti dari cream dokter kak, tp masih binggung mau pake sabun cuci muka pelembab dan cream siang nya kak, ini udah 2 hari aku berhentiin dari pemakaian cream malam kak, dan alhamdulillah untuk dua hari ini tidak ada timbul reaksi seperti memerah dan jerawat kak, walaupun warna kulit sedikit berubah kak, mohon saran nya untuk pemakaian skincare penggantinya kak agar kulit terlihat segar dan bersih lagi 🙏

    BalasHapus
  120. Mba saya udah sempat berhenti tdak pake cream dokter karna saya lagi hamil tapi pas bsoknya muka saya langsung keluar bintik2 ada air nya .saya harus gmn mba .dan pada akhir nya saya balik ke klinik tersbut karna saya takut mba liat muka saya jadi sperti itu

    BalasHapus